Tentang satu hal yang tidak bisa kita rencanakan

Ada beberapa hal yang bisa kita rencanakan, dicatat secara rapi dan sistematis dalam notes harian. Terkadang rencana tersebut menempel di dinding, dijadikan home wallpaper, dan lainnya. Terkadang rencana tersebut berumur harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Dan sudah lumrah, pada setiap kita, ingin selalu menyelesaikan rencana-rencana tersebut.

Pun diriku, selalu memiliki rencana dalam keseharianku, dari mulai rencana untuk persiapan mengajar, rencana untuk menabung, rencana untuk menemui kawan, rencana untuk membaca, hingga rencana untuk mencuci baju, semuanya aku tulis, biasanya aku tulis ke dalam sticky notes dan aku tempel di tembok sebelah meja, kubiarkan ia menggantung, berharap aku bisa melihatnya setiap aku duduk di meja tersebut. Tetapi, lagi-lagi namanya rencana, terkadang ia hanya wacana dan tidak beranjak untuk kukerjakan, hehe..

Aku kira semua kehidupan kita ini disesaki dengan hal-hal yang penuh dengan rencana, tetapi nyatanya tidak. Ada beberapa hal yang ternyata tidak bisa kita rencanakan.

Aku atau bahkan setiap kita, barangkali tidak pernah merencanakan ini sebelumnya; tiba-tiba bertemu seorang lawan jenis baik itu kawan lama, kawan baru, kemudian  terlibat percakapan yang berlanjut, lalu bertemu untuk makan dan lain-lainnya, lalu ada beberapa dari kita pun Jatuh cinta.Ya, terkadang begitu. Kita tidak perlu rencana yang ditulis di dalam sticky notes untuk mencintai seseorang, bukan 🙂

Kita memang bisa merencanakan untuk berkenalan dengan siapapun, tetapi kita tidak bisa untuk merencanakan untuk jatuh cinta dengan siapa. Seperti mencintaimu yang penuh ketiba-tibaan, yang tak beralasan dan entah berasal darimana, terkadang menyerupai kejutan yang kita tidak pernah tau kapan ini semua akan berakhir, tetapi menikmati ketidakpastian akan perasaan itu terkadang membahagiakan. Rasa-rasanya segala macam bentuk rencana di dunia ini, apapun rencana di dunia ini terkalahkan oleh satu hal yang tidak bisa kita rencanakan, ya. Mencintaimu.

Tetaplah di luar rencana, agar aku bisa merasakan bahwa jatuh cinta itu membahagiakan

Leave a Reply

